29 Mei 2010

KEPRIBADIAN DAN KECENDERUNGAN KARIR

A. Pengertian  Kepribadian

George Kelly seorang ahli psikologi, memandang bahwa kepribadian sebagai cara yang unik dari individu dalam mengartikan pengalaman-pengalaman hidupnya. Sementara ahli lain yang bernama Gordon Allport merumuskan kepribadian sebagai “sesuatu” yang terdapat dalam diri individu yang membimbing dan memberi arah kepada seluruh tingkah laku individu yang bersangkutan.

 

 

B. Faktor-Faktor Yang Membentuk Kepribadian

Secara umum ada dua faktor utama yang membentuk kepribadian individu.
1. Faktor Bawaan
Kepribadian individu sangat tergantung oleh faktor bawaan atau genetis pada saat individu tersebut belum dilahirkan ke dunia, yaitu yang diturunkan secara biologis oleh kedua orang tuanya.
2. Faktor Lingkungan
Selain faktor bawaan, kepribadian juga ditentukan oleh faktor lingkungan, termasuk didalamnya adalah pengalaman-pengalaman sosial dan perubahan lingkungan. Yang dimaksud dengan pengalaman-pengalaman sosial di sini adalah segala sesuatu atau peristiwa yang terjadi karena pengaruh lingkungan sosial, misalnya belajar di sekolah, hubungan dengan masyarakat, dll.

C. Kepribadian Sehat/Matang

Berikut ini beberapa ciri orang yang memiliki kepribadian sehat/matang meskipun ciri-ciri ini tidak mutlak menggambarkan kepribadian yang sehat.
a. Orang yang memiliki kepribadian sehat memiliki suatu perluasan diri. Artinya, hidupnya tidak terikat sempit pada kebutuhan-kebutuhan dan kewajiban-kewajiban pokoknya. Salah satu aspek penting dari perluasan diri adalah proyeksi ke masa depan, yaitu merencanakan dan mengharapkan.
b. Mampu menjalin hubungan dengan orang lain dengan rasa aman. Orang yang memiliki kepribadian matang dapat diterima dan menerima orang lain dengan baik tanpa hambatan yang berarti.
c. Mampu menerima diri sendiri. Orang yang memiliki kepribadian matang dapat menerima apapun keadaan yang ada pada dirinya. Ia dapat menerima kekurangan dan kelebihan yang ada padanya.
d. Orang yang memiliki kepribadian matang memiliki filsafat hidup atau pegangan hidup yang kuat. Salah satu pegangan hidup yang digunakan oleh kebanyakan orang adalah agama. Hal itu berarti bahwa seorang yang berkepribadian matang memiliki kehidupan keagamaan yang kuat.

D. Tipe Kepribadian dan Kecenderungan Karir

Menurut Holland, ada enam jenis atau orientasi kepribadian pada manusia:
1. Tipe realistis
Orang yang memiliki tipe kepribadian realistik mempunyai ciri sebagai berikut; Memiliki fisik yang kuat, kecakapan dan koordinasi motorik yang baik, kurang memiliki kecakapan verbal, kurang memiliki keterampilan sosial, kurang peka dalam hubungan dengan orang lain, menyukai pekerjaan yang sifatnya konkret yang melibatkan kegiatan yang sistematis seperti mengoperasikan mesin atau peralatan. Tidak banyak membutuhkan ketrampilan komunikasi atau hubungan dengan orang lain. Lapangan pekerjaan yang sesuai bagi orang bertipe kepribadian diantaranya adalah perkebunan, pertanian, mekanik, montir, dan konstruksi.
2. Tipe intelektual/investigative
Ciri-ciri orang bertipe ini adalah; menyukai hal-hal yang teoritis dan konseptual. Cenderung sebagai pemikir dari pada pelaku tindakan, senang menganalisa dan memahami sesuatu, biasanya menghindari hubungan sosial yang akrab. Tipe ini cocok untuk bekerja di laboratorium penelitian seperti peneliti, ilmuwan dan ahli matematika.
3. Tipe sosial
Senang membantu atau bekerja dengan orang lain. Kegiatan yang melibatkan kemampuan berkomunikasi dan keterampilan berhubungan dengan orang lain, namun biasanya kurang dalam kemampuan mekanikal dan sains. Beberapa lapangan pekerjaan yang cocok untuk dimasuki yaitu; guru/pengajar, konselor, pekerja sosial, guide.
4. Tipe konvensional
Menyukai pekerjaan yang terstruktur atau jelas urutannya, Menyenangi bahasa yang tersusun baik Menghindari segala situasi yang kabur, mengolah data dengan aturan tertentu. Pekerjaan yang sesuai yaitu sebagai sekretaris, teller, akuntan, kasir, pemegang buku, pegawai arsip, pengawas bank, ahli perpajakan, dan pekerjaan-pekerjaan lain yang sejenis.
5. Tipe usaha/enterprising
Tipe usaha ini cenderung mempunyai kemampuan verbal/komunikasi yang baik dan menggunakannya untuk memimpin orang lain, mengatur, mengarahkan, mempromosikan produk atau gagasan. Mudah melakukan adaptasi dengan orang lain. Memiliki perhatian yang besar terhadap kekuasaan, status, dan kepemimpinan. Adapun jenis pekerjaan yang cocok dan biasanya cenderung dipilih oleh orang dengan kepribadian model usaha meliputi: pedagang, sales, pengusaha, politikus, manajer, pengacara,konsultan industri, promotor, dan pekerjaan-pekerjaan lain yang sejenis.
6. Tipe artistik
Cenderung ingin mengekspresikan dirinya, tidak menyukai struktur atau aturan, lebih menyukai tugas-tugas yang memungkinkan ia mengekspresikan diri. Karir yang sesuai yaitu sebagai musisi, seniman, dekorator, penari, penulis.
Seseorang mungkin saja tidak murni memiliki satu tipe tertentu, tetapi gabungan anatara beberapa tipe namun tetap memiliki sebagian besar atau kecenderungan pada satu tipe tertentu. Dengan mengenali tipe yang sudah dipaparkan diatas kita akan lebih mudah menilai dan mengarahkan diri dalam memasuki karir tertentu

0 komentar:

Posting Komentar