06 April 2010

Cara Memilih Jurusan Perguruan Tinggi

Gimana sih cara milih jurusan dan Universitas yang tepat buatku? Ini mungkin yang menjadi pertanyaan Kamu. Kamu harus memikirkan ini dengan matang, karena hal ini sangat menentukan masa depan Kamu. Untuk itu Kamu haru memperhatikan minat, keinginan, bakat dan kemampuan Kamu. Ini kami coba memaparkan tiap faktor yang harus diperhatikan:

I. Minat dan Keinginan

Sebenarnya Kamu mau jadi apa sih? Cita-cita Kamu apa sih?Apa Kamu pengen gelutin di bidang social, ekonomi atau bidang yang berbau keteknikan atau lainnya. Jawab dulu pertanyaan ini, tentunya dengan jujur. Pendapat orang tua, saudara, temen memang penting, tapi jangan sampai Kamu cuman milih masa depan Kamu karena paksaan. Nantinya Kamu jalanin kuliah Kamu dengan rasa kurang enjoy. Nah dari cita-cita Kamu ini, apa jadi dokter, arsitek, sosiolog, ahli bahasa, ekonom, pengacara atau lainnya, Kamu bisa lihat universitas mana yang menyediakan jurusan yang Kamu pengen. Di sini Kamu juga perlu pendapat dari pihak lain.



II. Bakat & Kemampuan

Nah kalo udah yakin akan minat Kamu, Kamu sudah menyaring jurusan-jurusan dari berbagai universitas yang anda. Sekarang dari daftar jurusan yang sesuai dengan minat Kamu perlu saring lagi sesuai dengan bakat dan kemampuan Kamu. Di sini Kamu perlu kejujuran, kami yakin Kamu bisa mengukur bakat dan kemampuan Kamu sendiri koq. Sebelumnya Kamu tentunya sudah pernah ngelakuin try-out, kalau belum pernah atau pengen coba yang online, klik aja alamat ini http://www.e-umptn.com/download.htm dan download aplikasi try-outnya dari situ Kamu catat perkembangan hasil nilainya. Kemudian Kamu bandingkan dengan passing grade ke jurusan sesuai bakat dan kemampuan Kamu, lalu:

1. Kamu batalin ambil jurusan di universitas itu, ganti universitas dengan jurusan yang sama namun passing gradenya berbeda.

2. kalau Kamu tetap ngotot mau milih jurusan dan universitas yang passing gradenya lebih tinggi, Kamu tingkatin dong kemampuan Kamu. Caranya yah belajar lebih keras, coba soal-soal tryout lagi. Kalau hasil try-out meningkat, coba pilih jurusan yang Kamu pengen.

3. kalau belum bisa melewati passinggradenya, dan Kamu tetap pengen milih jurusan itu, boleh deh pilih sebagai pilihan pertama, tapi pilihan keduanya diusahakan yang sesuai dengan hasil try-out mu, jadi pilihanmu mudah-mudahan tidak terbuang begitu saja.

Nah, kesalahan besar yang biasa dilakukan adik-adik SMA adalah milih jurusan yang memang passing gradenya dibawah nilai tryoutnya tapi ternyata jurusan tersebut TIDAK sesuai dengan minat dan bakatnya. Nanti kalau Kamu tetap paksaiin milih jurusan ini, Kamu akan susah deh njalanin kuliahnya dengan enjoy. Mudah-mudahan dengan usaha yang keras dan diiringi dengan doa, Kamu bisa dapet jurusan yang Kamu pilih.

Sumber asli Klik Ini
 

 







1 komentar:

  1. kalo gini bener ga sih ?
    1.ilmu komunikasi
    2.sastra indonesia
    2.kedokteran
    boleh gak ?

    BalasHapus