25 Mei 2010

Mengapa Belajar jadi Susah?


Yang belajar, mau diapa-apakan juga selalu kalah dengan nonton TV, jalan-jalan, main PS, ngobrol, dll. Biasanya baru nyerah kalau besoknya sudah keburu ulangan atau ujian. Percaya atau tidak, sebagian besar dari kalian akan mengiyakan hal-hal diatas. Meskipun begitu, masih banyak juga diantara kalian yang merasa bahwa belajar itu “wajib” dan perlu! Sehingga setidaknya kalian masih punya semangat untuk mengalahkan datangnya rasa malas saat belajar.

Mengapa belajar menjadi hal yang susah? Pertanyaan itu seringkali kalian tanyakan namun belum juga kalian temukan jawabannya. Padahal, dengan menjawab pertanyaan tersebut berarti kalian sudah cukup mampu mengenali hambatan dan kesulitan belajar diri kalian sendiri. Yang harapannya, kalian akan mampu mengatasi kesulitan dan hambatan belajar itu dengan kemampuan dan kekuatanmu.

Nah, dibawah ini ada 5 hal yang harus kalian kenali yang biasanya membuat belajarmu jadi “susah”. Dengan mengenali kelima hal ini berarti sudah menjawab separuh jalan untuk memulai belajar.

1.    Tidak suka terhadap guru yang mengajar
Seringkali karena cara mengajar salah seorang guru yang membuatmu tidak nyaman atau membuat kalian tidak paham terhadap materi pelajaran yang diajarkan akan menimbulkan perasaan tidak suka terhadap guru yang mengajar. Padahal, secara tidak langsung sikap penolakan atau tidak suka terhadap guru tersebut menyebabkan kalian menjadi malas untuk belajar. Jadi, jangan keburu menyatakan tidak suka terhadap guru tertentu supaya semangat belajarmu tetap membara.

2.    Image pelajaran susah
Belum-belum kalian sudah menghakimi bahwa pelajaran tertentu itu susah, padahal belum tentu kan? Asal tahu saja, semua pelajaran yang diberikan di sekolah itu sudah disesuaikan dengan taraf belajar dan usia kalian. Jadi, jangan pernah takut untuk mencoba. Ingat semboyan “There’s nothing BIG or NOT, thinking make it so!” (tidak ada sesuatu yang sulit kecuali pola pikIr kita yang membuatnya jadi sulit).

3.    Tidak pernah memperhatikan dengan serius
Ini dia yang tidak fair, mengapa juga tidak serius? Hal seperti ini yang perlu diubah. Belum ada kata terlambat untuk memulai lagi, itu semboyannya.

4.    Tidak Interest (tertarik)
Perasaan tidak interest inilah yang membuatmu terjebak untuk malas belajar. Coba saja, kalau kalian sudah merasa tidak tertarik pada pelajaran tertentu sebenarnya seketika itu juga kalian telah mematikan semangat belajar sendiri. Jadi cobalah untuk tertarik dahulu pada pelajaran itu.

5.    Tidak punya buku
Rasa-rasanya ini adalah alas an paling umum yang kalian gunakan untuk menghindari belajar. Padahal kalau sudah diniatkan belajar, hambatan tidak punya buku ini sangat mudah untuk diatasi. Misalnya : fotokopi, pinjam buku di perpustakaan, atau pinjam buku teman.

Nah, hal pertama yang wajib dilakukan adalah tumbuhkan interest pada diri kalian. Cari tahu nantinya untuk apa ilmu yang kalian pelajari, lawan rasa malas dan ketidakseriusan kalian, dengan begitu akan ada tantangan untuk mengetahui lebih banyak. (Sumber: dari berbagai sumber)
--- Good LucK ---

0 komentar:

Posting Komentar